Entri Populer

Senin, 29 November 2010

Cara menggunakan program nlite

Nlite adalah sebuah program yang berguna untuk melakukan perubahan pada file installer Windows XP. Perubahan apa saja yang dapat dilakukan nlite? Nlite dapat menghapus program dan driver yang tidak anda butuhkan dari file installer windows XP. Dengan demikian windows yang terinstall di harddisk akan berukuran lebih kecil dibanding windows XP normal. Nlite juga dapat mengintegrasikan service pack beserta driver tambahan ke dalam file installer XP. Tentu saja program ini sangat penting untuk pengguna netbook dengan harddisk SATA. Hal ini karena windows XP tidak mendukung SATA secara langsung dan anda memerlukan program nlite untuk menambahkannya ke installer windows XP. Sebelum memulai saya tegaskan terlebih dahulu anda harus berhati-hati dalam memilih fitur apa yang anda hapus. Apabila anda sampai salah menghapus fitur yang penting bisa terjadi error. Anda jangan takut terlebih dahulu, karena nlite sudah menandai dengan tulisan merah fitur yang penting. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu:

1.PC dengan CD/DVD drive

2.CD installer Windows XP

3.Program Nlite

4.Service pack XP dan driver-driver yang akan anda integrasikan kedalam installer windows XP.(catatan:nlite dapat menggabungkan driver sound, motherboard, VGA, driver SATA, dll kedalam installer windows xp. Jadi begitu instalasi XP selesai maka anda tidak perlu repot menginstall driver-driver tsb satu per satu.)

Setelah anda menyiapkan hal-hal diatas maka ikuti langkah dibawah ini untuk mengggunakan program nlite.

(Catatan: bila anda hanya ingin menginginkan windows xp mendukung driver SATA, maka ikuti langkah 1-10. Kemudian anda bisa menekan tombol Next terus sampai selesai maka anda akan memperoleh windows xp yang sudah mendukung drive SATA )

1.Copy semua file dari CD Windows XP ke sebuah folder khusus. Nama folder terserah anda. misal c:\windowsxp\

2.Install program nlite ke harddisk anda

3.Buka program nlite

4.Pertama kali akan muncul layar yang bertuliskan Welcome to nLite! dan ada tulisan versi nLite yang anda gunakan. Saya menggunakan versi 1.4.9.1. Anda bisa menekan tombol Next.

5.Di layar selanjutnya adalah layar tempat pemilihan folder installer windows XP yang akan anda modifikasi. Saya menggunakan folder c:\windowsxp\ seperti yang tertera di langkah no 1. Setelah itu akan tertera info mengenai XP tersebut menggunakan vservice pack berapa dan berapa ukurannya. Sekarang tekan Next untuk melanjutkan kelayar berikut.

6.Di layar selanjutnya akan keluar layar “Presets”. Ini idak terlalu penting anda bisa langsung menekan tombol Next.

7.Sekarang akan keluar layar “Task Selection”. Disini anda bisa memilih apa yang akan dirubah dalam installer windows XP. Disini saya memilih semuanya kecuali Unattended dan Bootable ISO. Unattended berfungsi untuk memasukkan informasi seperti CD key windows XP dan user name yang akan anda gunakan di XP, sehingga anda tidak perlu memasukkan lagi CD key saat instalasi windows XP. Tetapi entah kenapa saya tidak pernah berhasil melakukan unattended install. Saya tetap diminta memasukkan CD key setiap instalasi windows XP dan user name tetap tidak berubah sesuai keinginan saya. Bootable ISO hanya berguna bila anda bermaksud untuk melakukan instalasi melalui CD. Sedangkan saya ingin mencoba membuat installer melalui USB flashdisk. Selanjutnya tekan Next.

8.Di langkah ini anda akan diminta memasukkan service pack terbaru yang anda punya. Setelah anda memilih service pack maka file yang berada di c:\windowsxp\ langsung berubah menjadi service pack yang anda pilih. Bila anda tidak punya service pack yang lebih baru dari versi XP anda maka tekan saja tombol Next.

9.Di layar berikut anda bisa memasukkan Hotfixes, Add-ons, dan Update Packs. Bila anda memiliki Hotfixes, Add-ons, dan Update Packs untuk XP maka anda bisa menambahkannya di layar ini. Atau anda juga bisa langsung menekan tombol Next bila anda tidak mempunyai Hotfixes, Add-ons, dan Update Packs.

10.Di layar berikut adalah layar tempat anda memasukkan driver yang akan masukkan langsung ke installer xp. Driver yang berada disini akan langsung terinstall secara otomatis di windows XP anda. Masukkan driver sound, VGA, motherboard, driver SATA, bluetooth, dll. Selanjutnya tekan tombol Next.

11.Selanjutnya akan keluar layar compatibility. Disini anda bisa memilih fungsi XP yang anda perlukan sehingga nlite akan mengantisipasi agar anda tidak salah menghapusnya.Tekan Ok.

12.Setelah ini anda akan masuk ke layar Components. Disini anda bisa memilih hal apa saja yang anda ingin hapus dari windows XP anda. Ada 10 kategori yang bisa anda pilih mulai dari Applications, Drivers, Hardware Support, Keyboards, Languages, Multimedia, Network, Operating System Options, Services, dan Directories.

13.Pertama kita mulai dari bagian yang paling mudah keyboards dan Languages. Di bagian keyboards saya memilih semuanya kecuali United States-International Keyboard. Bagi anda yang sering mengetik dengan keyboard jepang, china, atau yang lain maka hilangkan centang untuk keyboard tersebut. Di bagian Languages pilih semua untuk dihilangkan kecuali bahasa yang anda perlukan. Disini saya tidak mencentang Western Europe and united States, Japanese dan Simplified Chinese karena saya memerlukan bahasa tersebut agar bisa ditampilkan dengan benar di komputer saya.

14.Selanjutnya centang semua yang ada di bagian directories. Anda tidak akan memerlukan bagian ini.

15.Di bagian driver anda bisa mencentang semuanya untuk menghapusnya dari installer windows xp. Kenapa bagian drivers dicentang semua?karena di langkah no 10 anda sudah memasukkan driver yang anda perlukan.Bila anda tidak memasukkan driver di langkah 10 bagaimana? Jangan khawatir anda tetap bisa menginstallnya setelah windows XP terinstall. Hal ini berlaku untuk semua driver kecuali driver SATA yang wajib untuk disertakan di langkah no 10.

16.Sekarang di bagian Applications anda bisa mencentang apa yang anda rasa tidak anda perlukan. Disini saya mencentang Briefcase, Games, Internet Games, Pinball, dan Screensavers. Sampai disini hal yang anda hilangkan masih berada dalam kategori yang aman anda hilangkan. Anda bisa menekan next bila anda takut menghapus hal yang penting dan langsung menuju ke langkah no 22. Bila anda ingin memperkecil ukuran windows XP lebih lanjut maka ikuti langkah no 17.

17.Sampai disini bagian yang belum anda utak-atik adalah Hardware Support, Multimedia, Network, Operating Systems Options, dan Services. Bagian ini sensitif dan anda harus membaca baik-baik informasi mengenai hal yang akan anda hilangkan. Bila anda tidak tahu dengan apa yang anda lakukan sebaiknya anda langsung ke langkah 22. Sekarang kita menuju ke bagian Hardware Support. Di sini anda bisa mencentang AGP Filters, CPU AMD, CPU Transmeta Crusoe, Firewire (1394) Support, Firewire Network Support, Floppy Support, Gravis Digital GamePort, Iomega Zip Drives, Joystick Support. Bagi anda yang menggunakan CPU AMD jangan centang bagian CPU AMD. Diatas saya mencentang CPU AMD karena saya menggunakan CPU intel.

18.Di bagian Multimedia saya mencentang AOL ART Image Format Support, Intel Indeo codecs, Music Samples, Old CDPlayer and Sound Recorder, Speech Support, dan Tablet PC.

19.Di bagian Network anda bisa mencentang MSN Explorer, Peer-to-Peer, Synchronization Manager, Web Folders, dan Windows Messenger.

20.Di bagian Operating System Options anda bisa mencentang Blaster/Nachi removal tool, File and Settings Wizzard, Help and Support, MS Agent, Remote Installation Service (RIS), Search Assistant, dan Tour.

21.Di bagian Services anda bisa mencentang Fax Services, IMAPI CD-Burning COM Service, Indexing Service, Remote Registry, Removable Storage, dan Telnet.

22.Sekarang anda bisa menekan Next.

23.Di layar selanjutnya adalah layar Options. Anda tidak perlu melakukan perubahan apapun disini, langsung saja tekan Next.

24.Di layar selanjutnya adalah layar Tweaks. Disini anda bisa melakukan tweaking terhadap windows XP anda. Yang saya pilih disini adalah di bagian Network yaitu Disable automatic search for network folders and printers, Disable restoring mapped network drives on logon. Di bagian Performance centang Disabled Last Accesses Time Stamp on files, dan centang juga pilihan Disabled Optimize harddisk when idle. Selanjutnya tekan Next.

25.Di layar berikutnya akan muncul tulisan “Do you want to start the process” pilih yes. Setelah proses selesai tekan next. Selanjutnya tekan finish.

Akhirnya anda akan mendapatkan installer windows xp yang sudah dimodifikasi di folder c:\windowsxp\. Installer windows XP ini bisa anda burn ke CD atau dicopy ke USB Flashdisk. Bila anda mempunyai pertanyaan atau komentar silahkan post di bagian

http://alfredstorm.co.cc/2010/03/23/cara-menggunakan-program-nlite/

1 komentar:

Faith Aqil Al-Qaris mengatakan...

Terima kasih banyak mas bro... Tambah ilmu...